Deforestasi Indonesia Mencapai Level Terendah dalam Sejarah

Pada tahun 2020 lalu, level deforestasi di Indonesia menurun 75% hingga mencapai titik terendah dalam sejarah. Ini adalah sebuah bukti keberhasilan upaya serta komitmen pemerintah untuk
menjaga kelestarian dan kekayaan hutan Indonesia.

Angka Deforestasi Neto Indonesia

Dalam hektare

Indonesia Mampu Menekan Laju Deforestasi
Dibanding Negara Lainnya

  • Indonesia merupakan negara dengan luas hutan tropis terbesar ketiga di dunia dengan luas  saat ini sebesar 92 juta hektare. Akan tetapi, kekayaan hutan di Indonesia setiap tahunnya mengalami penurunan akibat laju deforestasi yang tinggi. Bahkan bagian dari tanah yang ditutupi oleh hutan di Indonesia telah berkurang dari 63% pada tahun 1990 menjadi 49% pada tahun 2020, berkurang 14%.
  • Penyebab utama terjadinya deforestasi di Indonesia antara lain adalah: Konversi hutan alam menjadi perkebunan kelapa sawit dan pertambangan, serta kebakaran hutan dan lahan
  • Namun, seperti yang kita dapat lihat  pada  data diatas, tingkat kehilangan hutan primer Indonesia telah menurun drastis pada tahun 2020. Keberhasilan yang hanya dapat diakui beberapa negara. Angka deforestasi neto Indonesia telah menurun 75% pada tahun 2020 dibanding periode sebelumnya. Indonesia juga telah keluar dari tiga negara teratas untuk deforestasi hutan primer untuk pertama kalinya sejak pencatatan data oleh Global Forest Watch.
  • Ini adalah sebuah pencapaian yang sangat baik, namun Indonesia perlu berupaya untuk lebih menekan laju deforestasi kedepannya. Karena perlu dicatat bahwa pada tahun 2020, musim hujan Indonesia disebutkan masuk dalam lima tahun terbasah sepanjang 40 tahun ke belakang (BMKG).

Seperti dikutip dari Global Forest Watch, platform online yang menyediakan data
dan alat untuk memantau hutan,

Dari negara yang secara historis paling bertanggung jawab
atas deforestasi dunia, Indonesia adalah satu-satunya
yang benar-benar menurunkan laju deforestasi dalam
beberapa tahun terakhir.

Pencapaian ini Merupakan Buah dari Upaya yang Telah Digalang Pemerintah

Beberapa peraturan yang telah diterapkan pemerintah dan industri yang berkontribusi pada turunnya
tingkat deforestasi Indonesia adalah:

Outlook Deforestasi di Indonesia

Deforestasi di Indonesia saat ini terancam naik karena berakhirnya moratorium sawit pada bulan September 2021, serta adanya UU Cipta Kerja yang mengandung aspirasi baru pemerintah untuk mengumpulkan jutaan hektare lahan pertanian di Indonesia di bawah program kawasan food estate (lumbung pangan). Yayasan Madani Berkelanjutan mencatat bahwa saat ini sebanyak 1,57 juta hektare hutan alam berada di areal yang diperuntukkan oleh pemerintah untuk dikonversi menjadi kawasan food estate.

Maka, untuk terus menekan laju deforestasi mencapai nol, Indonesia memerlukan peran aktif dari pihak pemerintah maupun pihak swasta, bukan hanya komitmen semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.